Translate this blog, choose to your language

Senin, 04 Januari 2016

5 KESALAHAN PENGUSAHA PEMULA YANG SELALU TERULANG



5 KESALAHAN PENGUSAHA PEMULA YANG SELALU TERULANG
Apa kabar gan ? Semoga di tahun baru 2016 ini agan dan aganwati bisa lebih sukses lagi ya
Bicara usaha untuk bisa lebih sukses, tentunya kita harus lebih hati-hati gan, jangan sampai kesalahan yang telah kita perbuat di masa lalu, diulangi lagi. Maka agan harus garisbawahi apa saja kesalahan agan yang sempat membuat bisnis agan “terpuruk”. Ya, walaupun pengalaman rugi/bangkrut itu adalah guru terbaik, tapi gak enak kan gan kalo terus-terusan rugi/bangkrut ? Padahal ada cara lain untuk menghindari kerugian/kebangkrutan. Yuk kita kupas tuntas gan. 


1.MUDAH PERCAYA PADA ORANG LAIN 
Entah kepada teman yang tiba-tiba datang membawa info peluang bisnis, atau ada saudara yang menawarkan investasi bagi hasil, atau kepada karyawan kita sendiri yang lebih banyak stand by di toko/tempat usaha kita, banyak orang yang terlalu percaya. Sehingga ia tidak mengontrol lagi pembukuan, tidak tahu jalannya usaha, tidak tahu detail situasi toko/tempat usahanya, tidak jelas berapa keuntungan yang masuk. Itu semua adalah buah dari sikap kita yang terlalu percaya pada mereka. Mulai sekarang, turunlah langsung gan, dan percaya sebatas hal-hal tertentu saja, dan jangan lengah, jangan hanya duduk manis menerima laporan, karena itu sama saja menanam bom waktu dalam bisnis agan.


2.NAFSU JIKA MELIHAT PELUANG BARU 
Apakah agan pernah mengalami, baru buka satu jenis usaha, tiba-tiba dalam bulan ke 3 sudah melirik jenis usaha di bidang lain yang kelihatannya menarik ? Kalau iya, sama gan, ane juga dulu waktu kuliah pernah ngalamin. Tapi ingat gan, jangan sampai terulang lagi, karena hal itu yang secara langsung akan “menghancurkan” bisnis agan, karena agan tidak fokus, dan masih menganggap “rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri”. Maka tetap fokus pada usaha agan, dan jangan nafsu dalam menentukan pilihan bisnis, jalani dan nikmati saja prosesnya gan, karena semua konglomerat dunia juga berawal dari bisnis kecil yang ditekuni gan.


3.ROYAL MODAL 
Kesalahan pengusaha pemula yang juga sering terjadi adalah ; “royal modal” maksudnya ? Ya, mereka terlalu “modal mindset” menganggap modal uang adalah segalanya, dan jika bisnisnya tidak dibekali modal uang yang banyak, maka tidak akan berhasil, maka ia megalokasikan biaya sewa toko yang terlalu mahal, rekrut karyawan yang terlalu banyak, desain toko yang terlalu heboh, dan aneka pengeluaran lain yang overbudjet, padahal sesungguhnya bisa ditekan. Gan, coba agan baca kisah pengusaha sukses, almarhum Bob Sadino, yang memulai usahanya hanya dari sekeranjang telur ayam, dan kini mewarisi perusahaan besar di bidang agrobisnis. Baca juga kisah Mas Mono, pemilik 60 lebih outlet “Ayam Bakar Mas Mono” yang 12 tahun lalu mengawali usahanya dari sebuah gerobak ayam bakar di Tebet. Dan masih banyak lagi contoh pengusaha sukses yang merintis bisnis dari modal seadanya. Esensi bisnis itu bukan seberapa besar modal uang yang agan punya, tapi seberapa handal agan, dengan modal yang terbatas, namun bisa mendirikan usaha. Perinsip bisnis bagi pemula adalah mengeluarkan modal sekecil mungkin gan, namun bisnisnya bisa tetap berjalan dengan efektif, dan jangan terlalu banyak inventaris dan peralatan pendukung lainnya gan, jalani dengan sederhana namun tetap serius, itu baru hebat gan. 


4.TIDAK PERCAYA PASSIONNYA 
Passion atau hasrat, disebut juga hobi, harus agan perhatikan dengan baik. Karena jika kita berbisnis berdasarkan passion, maka kemungkinan berhasilnya lebih tinggi, dibanding kita memilih jenis usaha yang sekadar ikut-ikutan orang lain, mengapa demikian ? Jelas, karena jika kita mencintai suatu bidang, maka kita siap siang-malam, jauh-dekat, sehat-sakit, senang-sedih tetap setia menggeluti bidang itu bukan ? Ya samalah kaya agan SMA dulu seneng sama cewek idola agan, biar bokapnya galak, rumahnya jauh, tetep aja agan samperin kan ? Namanya cintrong Maka jika agan bisa menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi dan bakat agan, wah itu jauh lebih baik gan. Lihatlah Dedy Corbuzier, yang menjadi pesulap terbaik Indonesia dan bahkan salah satu yang terbaik di dunia, karena sejak SMP rutin 5 jam lebih melatih hobinya itu (sulap). Tengoklah Mark Zuckerberg, salah satu manusia terkaya didunia yang sejak kuliah, keranjingan komputer, tekun mengurung diri di kamar, membuat cikal bakal “Facebook”. Dan ribuan tokoh sukses lainnya yang hanya menjalankan bisnisnya berdasarkan passionnya gan.


5.TIDAK MENGATUR KEUANGAN DENGAN BAIK 
Nah, ini kunci terakhir gan, Hal yang membuat pebisnis pemula “keok” adalah ; lebih besar pasak daripada tiang, untung toko baru Rp 1 juta sebulan, tapi buat neraktir ceweknya Rp.2 juta sebulan, ya tombok katoklah. Artinya nombok, cuma tinggal pakai celana doang gan.....hehe
Jadi agan jangan boros ya, harus punya alokasi aset, seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya, tentang “5 Jenis Aset yang Wajib Agan Miliki di 2016”. Dan juga bedakan antara kas bisnis dengan kas pribadi gan, jangan sampai modal toko buat beli barang-barang pribadi, agan harus punya catatan kas keluar-masuk uang setiap harinya, sehingga arus keuangan dapat berjalan lancar gan.

Sekian tips dari ane ya, semoga bisa bermanfaat, dan inget gan, yang lebih penting dari tips diatas adalah ; agan harus memperbanyak ibadah kepada Tuhan YME, karena biar bagaimanapun yang menentukan kita berhasil atau gagal itu yang diatas gan, maka hubungan agan dengan yang diatas harus deket, biar barokah gan, dan jadikaah kegagalan kita sebagai batu loncatan gan, jangan jadikan sebagai batu sandungan ya.

Selamat berbisnis gan, semoga laris manis ya dagangannya...... Amin


SILAHKAN SHARE BAGIKAN KE TEMAN & KERABAT ANDA !
---------------------------------------------------------------------------------------

Sponsored by :

FRESH STORE
GROSIR & SUPLIER ANEKA BARANG=
>>Dapatkan Barang2 Bagus & Unik Menarik dengan Harga special Promo, hanya di Grosir Fresh Store. 
Follow : @freshstore86 , 
pin BB : 2B159EB4 / 
CS : 085210428401.

**Butuh referensi Produk-Produk Alat Kecantikan, Terapi kesehatan,Alat Olah Raga,Souvenir, Aksesories, Produk-Produk UKM, dll. Kunjungi web kami!
DICARI AGEN RESELLER / DISTRIBUTOR untuk Pemasaran..
>Utk Request Aneka Produk,Gambar2 & Info,PM! 

Follow Twitter: @freshstore86 , 
FACEBOOK : My Fresh Store 
pin BB : 2B159EB4. /
CS : 085210428401.
www.myfreshstore.blogspot.com

┃☑GROSIR ┃☑SUPLIER ┃☑ReseLLer ┃☑DropShip ┃☑COD ┃☑Online Shopping 
»Info,Gambar2,& Order produk Lain>PM
|CS: 085210428401.
Pin BB : 2B159EB4

www.tokopedia.com/myfreshstore
www.tokopedia.com/myfreshstore
INFO !!
>>Kami Grosir & Suplier Menerima COD dan melayani antar + pasang Aneka Alat Fitnes / Olahraga  seperti :

-Treadmill Manual,
-Treadmill Elektrik,
-Home gym,
-Sepeda statis
-Bench Press,
-Sepeda Platinum,
-Orbitrek,
-Six pack ,
-Crazy fit
dan lainnya HARGA SPECIAL PROMO!!

Cek di :

>Dengan Area cakupan :
- JABODETABEK
- BANDUNG
- SURABAYA & Sekitar
- JAWA TENGAH
( Tegal sekitarnya, Solo, Jogja, Tasikmalaya, Ciamis, Klaten, Magelang, Ambarawa, Sragen, Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo dll)
- BALI
- MEDAN
-dan Kota-Kota Lain nya..

NB: Tarif ongkir menyesuaikan Kota yang di tuju..

>Info lengkap silahkan hubungi CS
Call / SMS : 085210428401
Pin BB : 2B159EB4
E-mail : myfreshstore@gmail.com